Rabu, 07 Februari 2018

Hasil Mengkhianati Usaha

Kalau betul "tidak ada usaha yang mengkhianati hasil", takkan ada orang yang bangkrut, miskin, kalah, kecewa, dan menderita. Jadi, "tidak ada usaha yang mengkhianati hasil" itu cuma sebuah kalimat motivasi yang tergesah-gesah dan pongah. Sebab kesunyataannya, "hasil" tak hanya ditentukan oleh "usaha" melainkan juga ada faktor lain—yang tak kalah besar pengaruhnya.

Apa saja faktor-faktor itu? Ayo kita cari dan temukan sendiri di dalam labirin kehidupan. Tentu tanpa meninggalkan senyuman, bekas ciuman, dan bayang-bayang masa silam. Karena dari sanalah ada pelajaran yang bisa kita jadikan sebagai pengetahuan untuk memperbaiki usaha kita di hari ini dan hari nanti.

Tapi tetaplah berusaha. Tetaplah bekerja. Tetaplah berjuang. Hasil, kesuksesan, kemenangan, laba, profit, dan lain-lain itu anggap saja sebagai bonusnya. Sebab nilai sebuah kemenangan, kesuksesan, dan lain-lain itu justru terletak pada prosesnya. Sedangkan hasilnya itu di luar kuasa kita. Dan jelas kita tak punya hak prerogratif untuk menentukan hasil dari suatu usaha.
Share: